Pendaftaran Online Jalur Masuk UM 2021-2022

UM.ac.id - Pendaftaran Online Jalur Masuk UM 2021-2022 - Universitas Negeri Malang bertempat di salah satu wilayah Malang dan sekitarnya. Sudah tidak diragukan lagi UM memberikan dan mencetak alumni yang handal dan mampu bersaing di bidangnya hal ini sudah berlaku setiap tahun menerima dan mencetak alumni. Tetapi kali ini kita tidak akan membahas mengenai hal tersebut terlalu jaul karena pembahasan kita hanya pada pendaftaran online UM.

Melalui situs resmi UM anda bisa mendaftarkan diri dan mencari informasi formasi penerimaan, biaya pendidikan dan lain sebagainya. Ada beberapa keunggulan yang dimiliki UM salah satunya adalah kampus UM masuk dalam 20 PTN terbaik di Indonesia tidak heran kalau ada banyak mahasiswa yang menginginkan kuliah di kampus ini.



Tujuan dari postingan kali ini adalah memberikan informasi mengenai pendaftaran Online UM bagi yang masih bingun admin akan menuntun anda menemukan dan memberikan kemudahan melalui informasi yang admin ketahui. Jika anda ingin mendaftar caranya cukup mudah tinggal mengakses situs resmi pendaftaran Online UM di seleksi.um.ac.id untuk UM cukup mudah melalui portal tersebut anda akan menemukan jalur masuk yang di Inginkan berdasarkan Lulusan dan yang diminati.

Jika boleh dispesifikan ada 4 jalur masuk Univeristas Negeri Malang, dibagi menjadi tiga kelompok yaitu Seleksi Nasional dan seleksi Mandiri. Untuk seleksi Nasional dilakukan serentak seperti kebanyakan kampus lain jalur ini meliputi SNMPTN non tertulis dan SBMPTN tertulis. Sedangkan jalur mandiri terdiri dari Jalur tertulis dengan beberapa kelompok lulusan seperti SLTA dan Non SLTA. Selanjutnya yang terakhir adalah jalur mandiri untuk program S2 dan S3.

Untuk lebih jelasnya admin akan merangkumnya dibawah ini beberapa jalur masuk yang bisa di Ikuti dalam beberapa tahapan dan diuraikan secara jelas selain dari itu UM juga menghadirkan Jalur Masuk Beasiswa bagi yang berprestasi dan bagi yang tidak mampu untuk lebih jelasnya simak dibawah ini beberapa informasi lengkap seputar cara Pendaftaran Online UM :


1. Seleksi SNMPTN UM

Jalur masuk ini diperuntukan bagi pelajar yang berprestasi yang dilakukan secara nasional seleksi ini dilakukan serentak dan secara bersamaan diseluruh PTN yang ada di Indonesia sayangnya tidak semua siswa yang bisa ikut jalur ini karena sifat dari jalur ini adalah diperuntukan bagi juara umum disekolah sejak kelas X sampai XII tentunya sekolah harus terdaftar dulu. cara mendaftarnya cukup mudah, Siswa yang bisa mengikuti seleksi ini ditandai dengan perolehan prestasi nantinya kepala sekolah akan memberikan pasword dan usename untuk login di situs resmi SNMPTN di www.snmptn.ac.id kemudian ikuti semua proses pendaftaran sampai selesai.

  1. Buatlah akun untuk melakukan login.
  2. Bagi yang sudah memiliki akun sebelumnya bisa langsung regristrasi dan login pada laman https://portal.ltmpt.ac.id.
  3. Menunggu hasil pemeringkatan dari sekolah.
  4. Pendaftar mengisi biodata data diri, orang tua, dan sekolah secara lengkap.
  5. Memilih pilihan prodi dan PTN.
  6. Bagi pendaftar yang memilih bidang olahraga dan seni diharuskan mengunggah borang portofolio.
  7. Selanjutnya tahap finalisasi data untuk mendapatkan kartu tanda peserta dengan mengkonfirmasikan dan menyimpan.
  8. Terakhir mencetak kartu tanda peserta ujian sebagai tanda peserta ujian tes SNMPTN.

2. Seleksi SBMPTN UM

Jalur masuk ini sama seperti SNMPTN tetapi jalur ini dibuka sebagai salah satu solusi bagi siswa yang tidak bisa mendaftar di jalur SNMPTN karena tidak memenuhi persyaratan, keunggulan jalur ini dilaksanakan secara nasional semua PTN yang ada di Indonesia, setiap siswa dapat mendaftarkan diri secara mandiri dan menjadi alternatif bagi mereka yang tidak lulus SNMPTN. Cara pendaftaranya cukup mudah terlebih dahulu buka portal resmi dan ikuti semua proses pendaftaran sampai selesai di www.sbmptn.ac.id.

  1. Membuat akun untuk melakukan login di laman https://portal.ltmpt.ac.id.
  2. Untuk yang sudah memiliki akun bisa langsung login di laman https://portal.ltmpt.ac.id.
  3. Kemudian klik menu UTBK SBMPTN.
  4. Jika sudah pendaftar mengisi formulir pendaftaran yang berupa biodata data diri secara lengkap sesuai pada menu pengisian.
  5. Jika selesai pendaftar mengklik konfirmasi dan simpan untuk mendapatkan no pembayaran.
  6. Pembayaran dapat dilakukan pada bank BUMN.
  7. Silahkan login kembali pada laman https://portal.ltmpt.ac.id.
  8. Barulah peserta pendaftar dapat memilih PTN dan prodi yang diinginkan.
  9. Mengunggah portofolio bagi peserta yang memilih prodi seni dan olahraga.
  10. Barulah tahap finalisasi data secara permanen untuk mendapatkan kartu tanda peserta.
  11. Untuk informasi jadwa yang berupa sesi, waktu dan lokasi sudah tertera pada kartu peserta tersebut.
  12. Mencetak kartu tanda peserta sebagai bukti peserta ujian tes.

3. Seleksi Mandiri  UM

Jalur masuk dilaksanakan secara lokal oleh kampus UM biasanya jadwal setelah seleksi Nasional dilaksanakan ada beberapa formasi yang bisa diikuti seperti memilih jenjang pendidikan D3 dan S1 bagi lulusan STLA sederajat yang ingin kuliah di UM. Cara pendaftaran dilakukan online melalui situ resmi Um di https://seleksi.um.ac.id/smpsd. Jangan lupa ikuti proses jangan sampai salah.

  1. Tahap pertama pendaftar melakukan pembayaran biaya seleksi mandiri UM pada bank BUMN dengan menunjukan no kartu identitas yang berupa SIM,KSK, dan KTP.
  2. Setelah melakukan pembayaran pendaftar akan mendapatkan  No Identitas dan PIN untuk digunakan mendaftar online dan melihat hasil pengumuman hanya satu kali.
  3. Selanjutnya pendaftar menyiapkan pas foto berwarna sesuai standar foto ijazah.
  4. Untuk yang mengikuti seleksi mandiri berdasarkan skor UTBK SBMPTN diharapkan membawa kartu tanda peserta tes tersebut.
  5. Pendaftar melakukan pendaftaran secara online melalui laman  https://seleksi.um.ac.id dengan memasukan No Identitas dan PIN yang sudah didapatkan.
  6. Mengisi formulir pendaftaran berupa biodata secara lengkap dan benar.
  7. Jika sudah pendaftar menyimpan formulir pendaftaran yang telah diisi untuk mendapatkan kartu tand peserta.
  8. Mencetak kartu tanda peserta sebagai bukti tanda peserta ujian tes seleksi mandiri.


Setelah anda menyimak informasi seputar pendaftaran Online UM yang panjang anda akan dihadapkan beberapa kendala seperti pembayaran pendaftaran dan beberapa kendala lain. Biasanya kampus UM bekerjasama dengan beberapa Bank yang ada di Indonesai untuk dapat melakukan pendaftaran seperti Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BRI dan Bank Daerah setempat.

Semua biaya pendaftaran ditujukan atas nama rektor kampus atau ke nomor rekening atas nama lainya, jangan lupa jika tidak jelas anda bisa menanyakan informasi pembayaran di bank yang bersangkutan atau kepada pihak keamanan bank biasanya mereka akan membantu anda untuk menemukan cara pembayaran pendaftaran yang diharapkan.

Apabila terdapat informasi yang berbeda yang menjadi acuan atau bahan pedoman adalah informasi yang terdapat di situs resmi Universitas Negeri Malang. Admin hanya membantu anda memberikan beberapa informasi bagi yang masih merasa bingung.  Catatan tidak dibenarkan semua hal yang berkaitan dengan sogok menyogok karena tidak ada yang bisa membantu anda untuk lulus kecuali kemampuan anda sendiri berhati-hatilah terhadapa semua bentuk modus penipuan yang dilakukan oknum mengatasnamakan panitia penyelangara penerimaan UM.

Semoga informasi diatas dapat memberikan pencerahan dan menuntun anda untuk melakukan pendaftaran secara online di Universitas Negeri Malang. Admin doakan semoga kalian semua bisa lulus seleksi UM dan bisa bejalar dikampus impian anda amin sampi ketemu dipostingan selanjutnya terima kasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pendaftaran Online Jalur Masuk UM 2021-2022"

Posting Komentar